Recent Posts

Soal Sejarah Dan Pembahasanya Kebudayaan Asli Indonesia Tampak Dalam Wujud

Soal Sejarah dan Pembahasanya

Soal Sejarah dan Pembahasanya

Hohoho, selamat pagi, di kesempatan akan membawakan mengenai kebudayaan asli indonesia tampak dalam wujud Soal Sejarah dan Pembahasanya simak selengkapnya 

Published on

Soal Sejarah dan Pembahasanya
  1. 1. SEJARAH SOAL BESERTA PEMBAHASAN NAMA Danny Agung Wahyudi 08 XII.IIS4
  2. 2. 1. Kepercayaan Indonesia di hal animisme berakulturasi dengan budaya Hindu-Buddha dalam bentuk a. keterampilan pahat ataupun relief b. keterampilan sastra c. keterampilan orang-orangan ataupun patung d. keterampilan tari e. keterampilan musik Jawaban: c Kepercayaan khalis asosiasi Indonesia ialah memuja arwah roh ataupun kekuatan yang menunggu benda-benda sekitar. Untuk kondusif agama itu mereka melahirkan gedung seperti punden berundak dengan patung. Setelah mengenal ajaran Hindu yang mempercayai adanya dewa dewi, asosiasi Indonesia juga mewujudkannya di arca dengan arca. 2. bani Indonesia ala asal Masehi, menebak berperan di bursa internasional yang menghubungkan . . . . a. India dengan Malaka b. Malaka dengan Maluku c. Maluku dengan Cina d. Cina dengan India e. Jawa dengan Maluku Jawaban: d India dengan Cina terbabit pusat peradaban alam yang menebak rentang waktu berdiri. Setelah usainya perdagangan jalur sutra, bursa dilakukan lewat taut. Di situlah kapasitas pedagang Nusantara dari tampak 3. Prasasti yang menyebut kemasukan yang berkuasa ala Dinasti Sanjaya. . . a. Mantyasih b. Canggal c. Kalasan d. Klurak e. Ligor Jawaban: a Raja-raja Mataram yang mendahului Balitung begitu juga disebut di batu bertulis tersebut adalah Raja Sanjaya, Rakai Panangkaran, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Rakai Watuhumalang, dengan Rakai Watukura Dyah Balitung. 4. Kitab yang menceritakan aktivitas Kerajaan Singasari adalah.... a. Pararaton b. Sundayana c. Sutasoma d. Ramayana e. Negarakertagama Jawaban: e Kitab kesusastraan peninggalan zaman Majapahit yang berjudul Negarakertagama buah pena Mpu Prapanca menjelaskan raja-raja yang berkuasa di Singasari. 5. Indonesia bersarang ala priode asal usul dimulai dari . . . . a. berlangsungnya diseminasi bani dengan budaya Melayu Austronesia ke Nusantara b. bersarang dengan berkembangnya pengaruh per-adaban alam Barat ke Nusantara c. ditemukannya fosil bani Adam purba di Desa Trinil d. ditemukannya batu bertulis di Kutai e. masuknya Islam ke Indonesia Jawaban: d Perbedaan zaman asal usul dengan prasejarah ialah penggunaan tulisan. Tulisan mula-mula ditemukan
  3. 3. ala batu bertulis berupa dasar yupa di Kutai. 6. Apa Isi dari Kitab yang di tulis oleh mpu Sedah dengan Panuluh. . . . a. usaha Airlangga mempersatukan kerajaannya b. usaha Airlangga membagi kerajaan jadi dua c. konfrontasi antara Kerajaan Kediri dengan Singasari d. bentrokan senjata ahli antara Kerajaan Jenggala dengan Panjalu e. bentrokan senjata antara Majapahit dengan Pajajaran di Bubat Jawaban: d Kisah Bharatayudha yang disadur dari buku Mahabarata tak menceritakan bentrokan senjata antara Pendawa dengan Kurawa, lamun kemenangan Jayabaya dari Kediri balela Jenggala, 7. Salah ahad wujud akulturasi budaya Buddha dengan budaya Indonesia jelas pada bangunan candi Borobudur yang merupakan akulturasi antara stupa dengan . . . . a. punden berundak b. tugu deifikasi nenek moyang c. aliran bunga padma raksasa d. keterampilan arca dengan relief Indonesia e. cerita bernapas Sidharta Gautama Jawaban: a Punden berundak merupakan budaya zaman pra¬sejarah. Bangunan itu merupakan megalitikum. Model itu masih bisa kedapatan ala gedung candi Borobudur. 8. Bukti yang kedapatan di Indonesia bagaikan Sempaga (Sulawesi Selatan), Jember (Jawa Timur), Bukit Siguntang (Sumatra Selatan) yang berlanggam Amarawati dengan Gandhara membuktikan bahwa pengaruh Buddha bersarang ke Indonesia ala masa . . . . a. II M b. IV M c. VI M d. VIII M e. X M Jawaban: a Agama Buddha diduga bersarang lewat misi penyiar ajaran Buddha yang disebut dengan Dharmaduta. Diperkirakan masa II Masehi ajaran Buddha bersarang ke Indonesia. Berdasarkan ciricirinya, bilangan tersebut berasal dari langgam Amarawati (India Selatan) yang berkembang di India pada masa II Masehi. 9. Apa yang dihadapi Kertanegara ala akhir kekuasaannya ialah . . a. bentrokan Hindu Syiwa dengan Buddha b. munculnya Majapahit dengan bangkitnya penerus Ken Arok c. pemberontakan Kuti dengan Semi d. pemberontakan Sadeng dengan membangun bendungan Wringin Sapta e. agresi Jayakatwang Jawaban: e Kertanegara tak mau mengakui kekuasaannya justru memburuk-burukkan delegasi Kubilai Khan, yaitu Meng-chi yang dibuat cacat mukanya. Serangan dari Jayakatwang dari Kediri tahun 1292 yang bekerja sama dengan Arya Wiraraja, Bupati Sumenep, menyebabkan Kertanegara terbunuh. 10. pemerintahan Raja sapa -- pun barang siapa Prasasti Yupa dibuat. . . . a. Kudungga b. Aswawarman c. Mulawarman d. Purnawarman e. Adityawarman Jawaban: c Mulawarman ialah adipati terbesar dad Kutai. Semasa kepemimpinannya Kutai mencapai kemakmuran benar dengan diselenggarakannya upacara pengurbanan 20.000 ekor sapi kepada
  4. 4. bangsa brahmana. 11. Pada tahun 672 Masehi ada Seorang pendeta Cina yang acap asal ke Sriwijaya bernama . . . a. I-Tsing b. Fa Hsien c. Sung d. Tang e. Sakyakirti Jawaban: a I-Tsing seorang pendeta Cina yang acap asal ke Sriwijaya dari tahun 672 Masehi, yang menceritakan di Sriwijaya diperoleh seribu anak Adam pendeta yang memahami ajaran bagaikan di India. 12. Raja mula-mula Majapahit bernama . . . . a. Kertarajasa Jayawisnuwardhana b. Tribuana Tungga Dewi c. Wikramawardhana d. Sri Maharajaderaja Sri Kertanegara e. Sri Ranggah Rajasa Bhattara Sang Amurwabhumi Jawaban: a Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang kuat, Raden Wijaya melakukan berbagai tindakan bagaikan melanjutkan ekspansi Majapahit sebagai pusat pemerintahan, mengawini keempat putri Kertanegara, dengan mengazab kebaikan dengan memberikan kekuasaan kepada para sahabat dengan pengikutnya. 13. Isi batu bertulis Canggal, boleh diketahui adanya.... a. candi Borobudur di Jawa Tengah b. kerajaan Hindu Mataram Kuno c. gedung candi Loro Jonggrang d. adat kebaktian terhadap Dewa Siwa e. aktivitas berakidah yang rukun Jawaban: b Prasasti Canggal menggunakan huruf Pallawa dengan adab Sanskerta. Isinya menceritakan tentang pendirian Lingga (lambang Syiwa) di Desa Kunjarakunja oleh Raja Sanjaya. Selain itu, juga diceritakan bahwa yang jadi adipati mula-mula Sanna kemudian digantikan Sanjaya. 14. Perpaduan antara kebudayaan Hindu dengan Islam di keterampilan rupa terlihat ala . . . . a. ukiran huruf Arab ala gedung masjid b. lukisan-lukisan getah perca orang suci ataupun aktor Islam c. pematungan jumlah binatang dengan tumbuhan d. pembuatan kaligrafi yang mirip makhluk hidup e. teknik pewarnaan yang didominasi lapisan hijau Jawaban: d Islam membendung penggunaan motif bani Adam ataupun binatang di karyanya. Oleh akibat itu, kaligrafi ala masa asal mengedepankan motif dedaunan ataupun memendam aliran binatang. 15. Kepercayaan khalis bani Indonesia di hal deifikasi arwah nenek leluhur berakulturasi dengan budaya Hindu-Buddha di bentuk a. keterampilan pahat ataupun relief b. keterampilan sastra c. keterampilan orang-orangan ataupun patung d. keterampilan tari e. keterampilan musik Jawaban: c Kepercayaan khalis asosiasi Indonesia ialah memuja arwah roh ataupun kekuatan yang menunggu benda-benda sekitar. Untuk kondusif agama itu mereka melahirkan gedung seperti punden berundak dengan patung. Setelah mengenal ajaran Hindu yang mempercayai adanya dewa
  5. 5. dewi, asosiasi Indonesia juga mewujudkannya di arca dengan arca. 16. Sepeninggal Gajah Mada dengan Hayam wuruk terjadi Perang ahli yang menandai awal keruntuhan Kerajaan Majapahit ialah Perang a. Bubat b. Ganter c. Sadeng d. Kurusetra e. Paregreg Jawaban: e Pada masa pemerintahan Wikramawardhana (tahun 1389-1429) aktivitas politik Majapahit diwarnai Perang Paregreg ataupun bentrokan senjata ahli antara Wikramawardhana dengan Bhre Wirabumi. Perang Paregreg berjalan berkelanjutan menyebab¬kan bintang Majapahit semakin pudar sehingga banyak alam kekuasaannya yang melepaskan diri. 17. Wujud akulturasi kebudayaan Indonesia Hindu di keterampilan kesusastraan jelas ala . . . . a. munculnya aktor punakawan di cerita Mahabarata b. adanya berbagai macam wayang di budaya Indonesia c. candi sebagai area deifikasi batara dengan nenek moyang d. sejarah ala relief-relief yang terukir di gedung candi e. cerita akan Hanoman/kera putih di cerita Ramayana Jawaban: a Wujud akulturasi di keterampilan kesusastraan jelas ala cerita/kisah yang berkembang di Indonesia yang bersumber dari buku Ramayana yang ditulis Walmiki dengan buku Mahabarata yang ditulis Wiyasa. Kedua buku tersebut merupakan buku agama bani Adam Hindu. Setelah berkembang di Indonesia berbeda dengan aslinya dari India. Tokoh-tokoh sejarah di cerita tersebut ditambah dengan hadirnya aktor punakawan bagaikan Semar, Bagong, Petruk, dengan Gareng. 18. Salah ahad anasir terpenting yang menyebabkan tak segala kebudayaan India diserap oleh bangsa Indonesia ialah dimilikinya kepandaian setempat. Dengan hal ini, bani Indonesia mampu memilah pengaruh kebudayaan India kemudian disesuaikan dengan kebudayaan setempat. Hal ini disebut dengan.... a. social quotient b. toleransi c. sinkretisme d. akulturasi e. local genius Jawaban: e Selain mempunyai kecakapan, bani Indonesia juga memiliki pengantar kebudayaan yang relatif tinggi. Masyarakat Indonesia juga bersifat terbuka sehingga bakir mengenal beragam bentuk budaya luar. 19. Salah ahad contoh wujud akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan HinduBuddha di bidang keterampilan gedung antara beda . . a. candi b. waruga c. dolmen d. lingga e. yoni Jawaban: a Arsitektur jumlah candi di Indonesia meng-gabungkan unsur prasejarah dengan Hindu-Buddha. Hal ini terlihat dari digunakannya model punden berundak bagaikan ala candi Borobudur dan Jago. 20. Kitab Ramayana disusun di India ala zaman Wiracarita oleh . . . . a. Sidharta Gautama b. Wiyasa
  6. 6. c. Walmiki d. Sudhodana e. Chandra Gupta Maurya Jawaban: c Setelah berkembang di Indonesia buku Ramayana tak sama dengan aslinya dari India karena sudah disadur balik oleh pujangga-pujangga Indonesia ke di adab Jawa Kuno. Bahkan, karakter jumlah tokohnya diganti dengan memasukkan aktor punakawan. 21. Salah ahad proses bersarang dengan berkembangnya ajaran Islam di Indonesia ialah melalui perkawinan antara.... a. raja-raja Indonesia dengan putri Raja Persia, Gujarat, dengan Arab b. raja-raja Persia, Gujarat, dengan Arab dengan putri-putri Raja Indonesia c. getah perca pedagang Persia, Gujarat, dengan Arab dengan wanita-wanita Indonesia d. raja-raja Islam dengan putri-putri Hindu dengan Buddha di Indonesia e. getah perca orang suci dengan jumlah putri kerajaan Hindu-Buddha Jawaban: c Para pedagang berlabuh di berbagai pelabuhan untuk waktu yang lama. Mereka membentuk komunitas dengan berinteraksi dengan masyarakat setempat. Ada di antara mereka yang menikah dengan wanita setempat. Itulah sebabnya, per-kawinan terbabit salah ahad kanal islamisasi. 22. Bukti diseminasi ajaran Islam di Nusantara dilakukan menurut damai ialah . . . . a. ajaran Islam cepat berkembang di Nusantara b. b berdirinya pondok-pondok pesantren di Indonesia c. sinkretisme aliran Islam dengan pm-Islam d. agresi Banten terhadap Kerajaan Pajajaran e. pemberontakan Kadipaten Demak kepada Majapahit Jawaban: c Kedatangan pengaruh Islam tak serta-merta membebaskan budaya dengan kebudayaan yang telah ada sebelumnya. Bahkan, kedua kebudayaan mengalami perpaduan begitu juga terlihat dalam beragam aliran peninggalan sejarah. 23. Peranan raja-raja ataupun adipati-adipati di alam pesisir di mengembangkan ajaran Islam adalah . . . . a. melindungi pusat-pusat keagamaan b. membantu getah perca orang suci menyebarkan agama c. melaksanakan pondok-pondok pesantren d. sebagai alim di daerah-daerah e. melaksanakan perguruan sila Jawaban: b Para bupati di pesisir memafhumi terlebih awal kemasukan Islam di Indonesia. Oleh karena itu, mereka membantu dakwah getah perca wali. Berbeda dengan golongan atas kerajaan yang ada di pedalaman. Mereka cenderung belakangan di memeluk aliran ajaran Islam. 24. Pengaruh masuknya ajaran Islam terhadap kebudayaan bani Indonesia boleh dilihat dari a. masih adanya sesaji di Iingkungan asosiasi Islam b. lestarinya sifat keterbukaan di masya-rakat Islam c. permainan wayang yang disisipi akan Layang Kalimasodo d. masih diperoleh lembaran kekerabatan di masyarakat e. penggunaan masjid untuk ibadah salat Jawaban: c Wayang ialah kebudayaan khalis Indonesia. Kebudayaan itu sangat diminati asosiasi Jawa. Oleh akibat itu, getah perca orang suci memasukkan aliran Islam ke di wayang. Kalimosodo identik dengan dobel ayat syahadat di aliran Islam.
  7. 7. 25. Malaka jadi pusat perkembangan ajaran Islam di Nusantara akibat . . . . a. getah perca pedagang Arab dengan Gujarat yang singgah di Selat Malaka menyiarkan ajaran Islam b. Malaka dari awal telah jadi pusat pengembangan ajaran Islam di Asia Tenggara c. berjibun anak Adam Indonesia yang berkunjung ke Malaka untuk berlatih akan ajaran Islam d. getah perca pedagang Arab dengan Gujarat sambil berdagang melaksanakan masjid di Malaka e. Malaka merupakan kota suci bani Adam Islam Jawaban: a Salah ahad kapasitas Malaka ialah sebagai transito. Para pedagang muslim singgah di sana untuk mengambil peralatan ataupun membeli komoditas. Mereka juga menyebarkan ajaran Islam sehingga Malaka jadi pusat pengembangan Islam. 26. Salah ahad adat istiadat di alam Aceh yang kena pengaruh Islam adalah.... a. atap masjid daya meru b. wayang diisi aliran Islam c. adat istiadat Makuta Alam d. fatwa Maulid dengan gamelan e. keriaan grebeg Sekaten Jawaban: c Aceh merupakan salah ahad area di Indonesia yang memiliki budaya Islam yang kuat. Hal ini wajar akibat Aceh ialah pintu elementer masuknya Islam ke Indonesia. 27. . Penyebaran ajaran Islam di Indonesia ala era asal kejadian di alam pantai akibat . . . a. hampir sarwa masyarakat pantai berakidah Islam b. ajaran Islam dibawa oleh getah perca pedagang yang mendarat di pantai c. aliran Islam menghayati aktivitas asosiasi pantai d. pantai merupakan area yang cocok untuk menyebarkan Islam e. masyarakat Indonesia sebagian besar berdiam di pantai Jawaban: b Masuknya Islam ke Indonesia akibat adanya komunikasi dagang. Perdagangan yang terjadi waktu itu menggunakan jalur laut. Oleh akibat itu, di kekal pesisir pantai ada pusat-pusat Islam karena getah perca pedagang singgah, menetap, dengan membentuk masyarakat muslim. 28. Bukti-bukti yang menunjukkan adanya proses akulturasi kebudayaan Indonesia khalis dengan kebudayaan Islam adalah.... a. penguburan mayat dengan menghadap ke kiblat b. pemukulan gawai beduk (Sunda) sebelum me-laksanakan ekaristi lima waktu c. pembuatan peti mayat d. keriaan Sekaten di alam Yogyakarta dengan Surakarta e. dikumandangkannya seruan salat sebelum salat Jawaban: d Sekaten diduga merupakan budaya peninggalan Majapahit. Perayaan itu diadakan sebagai bentuk rasa syukur. Saat Islam bersarang sekaten dijadikan corong penyebaran. Sekaten berasal dari kata syahadatain, yaitu dobel ayat syahadat di rukun Islam. 29. Masuknya pengaruh Islam ke Indonesia terjadi balasan proses . . . . a. penaklukan b. birokrasi c. perdagangan d. pertukaran budaya e. peperangan Jawaban: d Pertukaran budaya terjadi balasan komunikasi dagang. Para pedagang luar bertemu dengan berinteraksi dengan pedagang Nusantara. Saat itulah terjadi komunikasi budaya. Dalam nama sosiologi disebut melting jambangan yaitu area bertemunya beraneka ragam budaya yang saling memengaruhi.
  8. 8. 30. Salah seorang anggota wall sanga yang me-manfaatkan keindahan sebagai corong dakwah dan diseminasi Islam ialah . . . . a. Sunan Ampel b. Sunan Bonang c. Sunan Muria d. Sunan Kalijaga e. Sunan Muria Jawaban: b Hampir segala orang suci memahami kebudayaan Jawa. Namun, wall yang menggunakan kesenian sebagai corong dakwah ialah Sunan Bonang. Sunan Bonang bina lagu Lir lliryang hingga kini masih acap diperdengarkan. 31. Salah ahad corong diseminasi ajaran Islam di Indonesia yaitu . . . . a. perjalanan dengan perdagangan b. negosiasi agama c. pertukaran rempah-rempah d. percakapan di pusat pelayaran e. koneksi antara getah perca pedagang Jawaban: a Selain perjalanan dengan perdagangan, corong diseminasi Islam di Indonesia ialah perkawinan, pendidikan, kesenian, dengan dakwah. 32. Raja dari Kerajaan Kutai yang kena gelar wangsakerta ialah . . a. Aswawarman b. Kudungga c. Mulawarman d. Purnawarman e. Adityawarman Jawaban: a Dalam batu bertulis Yupa dijelaskan bahwa Aswawarman disebut sebagai Dewa Ansuman/ dewa matahari dengan dipandang sebagai wangsakerta ataupun pembangun ahli raja. Hal ini berarti Aswawarman telah beragama ajaran Hindu dengan dipandang sebagai pembangun ahli ataupun dinasti dalam ajaran Hindu. 33. Pada masa pemerintahan Pangeran Trenggono, Demak berhasil memahami Banten dan Cirebon dengan alamat . . a. menghalangi pengaruh Portugis di Malaka b. membangun koloni c. memahami alam pantai untuk per-dagangan d. menahan agresi Khubilai Khan e. menganjak pusat kekuasaan Jawaban: a Kehadiran Portugis di Malaka mencela ke-pentingan Demak. Secara bertahap Demak mempersiapkan kemasukan Portugis dengan memperkuat defensi di pesisir, bagaikan Cirebon dan Banten. 34. Kehidupan raja-raja Majapahit ditulis oleh Mpu Prapanca di buku yang diberi kop . . . . a. Sutasoma b. Negarakertagama c. Arjunawiwaha d. Pararaton e. Kutaramanawa Jawaban: b Kakawin yang ditulis tahun 1350-1389 ini meng-gambarkan aktivitas asosiasi di Majapahit di kaki (gunung) pemerintahan Raja Rajasanegara, akan alam dengan pedesaan yang biasa dikunjungi raja. Oleh akibat itu, kidung ini berjudul Desawamana (Gambaran desa). Negarakertagama
  9. 9. diakui sebagai Memori Dunia UNESCO. Kitab yang ditulis di arah patera lontar tersebut terdaftar dalam The Memory of the World Regional Register for Asia/ Pacific. 35. Toleransi antarumat berakidah bukan hal anyar di asosiasi Indonesia. Pada zaman Kerajaan Mataram Kuno hal itu telah jelas bayan terlihat. Hal ini dibuktikan dengan adanya . . . . a. ekspansi candi-candi yang megah b. pembuatan prasasti-prasasti kerajaan c. penyusunan jadwal raja-raja Mataram d. kerja sama adipati dengan getah perca biksu e. ekspansi candi Buddha dengan Hindu dengan lokasi yang berdekatan Jawaban: e Jika dilihat dari bucu pengelompokan langgam ataupun macam serta ajaran yang menggantikan keberadaan candi tersebut, Soekmono membagi jadi tiga jenis, yaitu macam Jawa Tengah utara mewakili agama Hindu (Syiwa), macam Jawa Tengah selatan menggantikan ajaran Buddha (Mahayana), dan jenis Jawa Timur menggantikan aliran Tantrayana (balk Syiwa meskipun Buddha). 36. Di alam Sriwijaya tak kedapatan candi Buddha yang besar sedangkan Sriwijaya pernah menjadi pusat ajaran Buddha. Salah ahad alasannya ialah . . . . a. aliran ajaran Buddha tak meminta melaksanakan candi b. hal angkasa Sriwijaya tak kondusif berdirinya candi c. majunya perjalanan dengan bursa Kerajaan Sriwijaya d. penduduknya mayoritas bermata pencaharian nelayan e. letak Sriwijaya yang strategis ala jalur perdagangan Jawaban: b Sebagian besar candi di Sumatera dibangun dengan menggunakan bata. Oleh akibat kondisi alam candi tersebut tak tahan rentang waktu dengan ambruk ditelan zaman. 37. Di Kerajaan Banten terjadi akulturasi budaya Islam dengan Eropa. Hal tersebut tampak pada a. adanya kerantong ala gedung masjid b. penggunaan kubah miring lingkaran c. menara masjid yang mirip mercusuar d. atap masjid berbentuk atap tumpang e. adanya bedil pekatu di halaman masjid Jawaban: c Menara masjid Banten merupakan karya Jan Lucas Cardeel (Belanda). la juga mendirikan bangunan-bangunan beraksi Belanda (Eropa) bagaikan benteng Kota Inten, pesanggrahan Tirtayasa, dengan gedung madrasah. 38. Perhatikan hal-hal di kaki (gunung) ini! 1) Menyucikan mayat. 2) Mengubur mayat. 3) Membacakan zikir ala hari peringatannya. 4) Memberikan batu kubur di kuburnya. 5) Menyelenggarakan tahlil selagi tujuh hari sehabis kematiannya. Melakukan lawatan dengan selamatan. Manakah yang merupakan pengaruh budaya lokal? a. 1) dengan 2) b. 2) dengan 3) c. 3) dengan 5) d. 4) dengan 5) e. 5) dengan 6) Jawaban: e Bagi pemeluk ajaran Islam, anak Adam yang menebak berlalu alam menebak berakhir amalnya. Ada tiga amalan yang menyertai kepergiannya ke akhirat, yaitu jasa kealiman selagi di dunia, ilmu yang pernah is ajarkan, dengan ananda saleh yang selalu mendoakannya. Oleh akibat itu, kewajiban anak
  10. 10. turunnya ialah mendoakannya tak terbatasi waktu dengan tempatnya. Namun, di budaya Jawa dikenal fatwa dengan kenduri untuk anak Adam yang berlalu dunia. 39. Nama-nama bulan di kalender Islam yang digunakan di kalender Jawa ialah . . . . a. Safar, Rabi'uI-Awal, dengan Jumadilakir b. Rabi'ul-Akhir, Bakda Mulud, dengan Safar c. Rajab, Besar, dengan Jumadi'l-Awal d. Safar, Rajab, dengan Shawal e. Jumadi'I-Akhir, Bakda Mulud, dengan Rajab Jawaban: d Meskipun ada perbedaan di penetapan asal tahun antara kalender Islam dengan Jawa, lamun ada kesamaan di penjulukan bulan. Safar jadi Sapar, Rajab jadi Rejeb, dengan Shawal menjadi Syawal. 40. Perhatikan daya gedung di kaki (gunung) ini! 1) Atap mendompleng 4) Relief 2) Gerbang terpecah 5) Serambi 3) Memolo 6) Mihrab Manakah unsur-unsur bra-Islam yang masih dipakai ala daya gedung Islam? a. 1), 2), dengan 3) b. 2), 3), dengan 4) c. 2), 4), dengan 6) d. 3), 4), dengan 5) e. 4), 5), dengan 6) Jawaban: a Atap mendompleng merupakan modifikasi dari model meru di budaya Hindu Bali. Gerbang terbelah ataupun dikenal dengan gapura candi bentar me¬rupakan peninggalan pengaruh Hindu. Memolo merupakan bagian puncak dari atap tumpang. 41. Perhatikan kata-kata di kaki (gunung) ini! 1) Omah 4) Graha 2) Griya 5) Wisma 3) Husada 6) Rumah Manakah bicara yang merupakan serapan dari bicara di adab Sanskerta? a. 1), 2), dengan 3) b. 1), 3), dengan 5) c. 2), 4), dengan 5) d. 2), 4), dengan 6) e. 4), 5), dengan 6) Jawaban: c Akibat pengaruh Hindu-Buddha, bani Indonesia mengenal adab Sanskerta dengan Pali. Perkembangan ini tak menjadikan adab Jawa Kuno dengan adab Melayu Kuno punah. Bahkan, bahasa-bahasa nasional tersebut justru diperkaya dengan istilah-istilah dari bahasa Sanskerta. Misalnya, area berdiam di adab Jawa Kuno disebut "omah" dengan di bahasa Melayu disebut "rumah". Istilah tersebut kemudian memperoleh pengayaan nama dari bahasa Sanskerta, yaitu "wisma" ataupun "griya". 42. Salah ahad corong diseminasi ajaran Islam di Indonesia yaitu . . . . a. perjalanan dengan perdagangan b. negosiasi agama c. pertukaran rempah-rempah d. percakapan di pusat pelayaran e. koneksi antara getah perca pedagang Jawaban: a Selain perjalanan dengan perdagangan, corong diseminasi Islam di Indonesia ialah perkawinan, pendidikan, kesenian, dengan dakwah.
  11. 11. 43. VOC berhasil membelah belah Kerajaan Mataram lewat perjanjian Gianti yang dilaksanakan tahun 1755 jadi dobel yaitu . . . . a. Kesultanan Yogyakarta dengan Kesunanan Surakarta b. Mangkunegaran dengan Pakualaman c. Kesunanan Surakarta dengan Pakualaman d. Kesunanan Surakarta dengan Mangkunegaran e. Kesultanan Yogyakarta dengan Pakualaman Jawaban: a VOC mengadu domba Kerajaan Mataram dengan berhasil membelah Kerajaan Mataram jadi dua melalui perjanjian Gianti tahun 1755. Kekuasaan Mataram yang hampir meliputi sarwa Pulau Jawa akhirnya terpecah belah jadi Kesultanan Yogyakarta di kaki (gunung) Sri Sultan Hamengkubuwono dengan Kesunanan Surakarta di kaki (gunung) Sunan Paku Buwono III. 44. Perhatikan jumlah kesatuan alam bersama-sama ini! 1) Ternate, Obi, dengan Bacan 2) Seram dengan Ambon 3) Tidore, Makayan, dengan Ternate 4) Jailolo, Kepulauan Halmahera, dengan Obi 5) Bacan, Seram, dengan Jailolo Wilayah yang terbabit persekutuan Ulilima ialah . . . a. 1) dengan 2) b. 1) dengan 3) c. 1) dengan 5) d. 3) dengan 4) e. 4) dengan 5) Jawaban: a Kepulauan Maluku kenamaan sebagai pembina bumbu terbesar di dunia. Rempah¬rempah tersebut jadi komoditias elementer di alam perjalanan dengan perdagangan pada masa XV¬XVII. Demi interes penguasaan bursa rempahrempah tersebut, mendorong terbentuknya persekutuan daerah-daerah di Maluku Utara yang disebut dengan Ulilima dengan Ulisiwa. 45. Sultan Ternate yang terbunuh ala tahun 1570 akibat siasat bengkok Portugis ialah . . . . a. Sultan Nuku b. Sultan Hairun c. Sultan Baabullah d. Sultan Marhum e. Sultan Zaenal Abidin Jawaban: b Perlawanan terhadap Portugis mula-mula kali dipimpin Sultan Hairun dari Ternate sehingga perang berkobar dengan benteng defensi Portugis boleh dikepung. Dalam keadaan terjepit tersebut, Portugis menawarkan perundingan. Akan tetapi, pakat tersebut merupakan siasat Portugis untuk mematikan Sultan Hairun ala tahun 1570. 46. Hal bersama-sama merupakan argumentasi ajaran Islam mudah termakbul oleh bani Indonesia, kecuali . . . . a. Islam bersifat universal dengan dinamis b. Islam tak mengenal kasta c. sama dengan aliran ajaran lain d. bertemu dengan bantuan manusia e. tak adanya pemaksaan Jawaban: c Ajaran saban ajaran berbeda akibat dasar ataupun buku sucinya juga berbeda. Selain faktor-faktor tersebut, Islam bisa bersarang dengan mudah akibat getah perca orang suci menggunakan corong yang tepat.
  12. 12. 47. Salah ahad penyebab berkembangnya pe-labuhan Banten, Makassar, dengan Aceh karena adanya afair . . . . a. perlombaan Banten dengan Pakuan Pajajaran b. jatuhnya Sunda Kelapa ke yad Belanda c. jatuhnya Malaka ke yad Portugis tahun 1511 d. perlombaan dagang antara Aceh dengan Malaka e. perlombaan dagang Aceh dengan Portugis Jawaban: c Jatuhnya Malaka ala tahun 1511 melanting berkat alokasi getah perca pedagang di Nusantara. Jaringan perdagangan Nusantara yang menebak rentang waktu ter¬bangun jadi berisik akibat masuknya para pedagang dari bani lain. Pelabuhan semakin berisik dengan komoditas bursa semakin lengkap. 48. Perhatikan penjelasan berikut! 1) Menciptakan tarikh Jawa 2) Menciptakan buku filsafat Sastra Gending 3) Mengirim angkatan untuk VOC di Batavia tahun 1628 dengan 1629 Penguasa Mataram yang bertindak bertemu dengan penjelasan di arah ialah . . . . a. Sultan Agung b. Sultan Trenggono c. Sunan Amangkurat I d. Panembahan Senopati e. Sultan Hamengkubuwono I Jawaban: a Di kaki (gunung) pemerintahan Mas Rangsang yang bernama Sultan Agung Hanyakrakusuma (tahun 1613-1645) Mataram mengalami masa kejayaan. Ibu kota kerajaan di Kotagede dipindahkan ke Keraton Plered. Sultan Agung merupakan adipati yang menyadari pentingnya kesatuan di seluruh tanah Jawa. la juga merupakan pasak kunci nasional mula-mula yang menurut besar-besaran dengan teratur mengada¬kan konfrontasi dengan Belanda yang datang dengan konsorsium dagang Vereenigde Oost lndische Compagnie (VOC). 49. Dalam pertengahan masa XVII diperoleh empat kerajaan besar di Nusantara yaitu: 1) Aceh - Sultan Iskandar Muda (1607-1636). 2) Mataram - Sultan Agung (1623-1645). 3) Banten - Sultan Agung Tirtayasa (1650-1682). 4) Makassar Sultan Hasanuddin (1650¬1669). Peranan kerajaan-kerajaan Islam tersebut di arah ala masa XVII sebagai berikut, kecuali a. pusat bursa dengan pusat diseminasi Islam b. merupakan kerajaan bahari yang memahami laut di perairan Nusantara c. merupakan kerajaan-kerajaan nasional di Nusantara yang bebas dengan berdaulat d. merupakan kerajaan-kerajaan Islam yang kondusif kolonialisme dengan penjajahan Barat e. merupakan potensi kekuatan untuk me-nentang ekspansi bani Eropa Jawaban: d Semua kerajaan Islam merupakan lawan politik alokasi Belanda, Portugis, dengan Spanyol. Bangsabangsa Barat tersebut selain berdagang juga berazam memahami alam dengan memonopoli perdagangan. Kejayaan pelabuhan-pelabuhan dengan bandar Islam perlahan ambruk sehabis bangsabangsa Barat tersebut berhasil bersarang di jaringan bursa di Nusantara. 50. Perlawanan Banten terhadap Belanda semakin meningkat ala tahun 1651 di bawah pimpinan a. Hasanuddin b. Sultan Ageng Tirtayasa c. Sultan Agung d. Sultan Hairun e. Sultan Iskandar Muda Jawaban: b Puncak bentrokan antara Banten dengan VOC terjadi sehabis Banten mengalami perpecahan dari dalam. Putra mahkota, Sultan Abu Nasr Abdul Kahar (Sultan Haji) diangkat jadi pembantu
  13. 13. ayahnya membereskan bab di negeri, meskipun bab luar daerah dipegang oleh Sul¬tan Purbaya. Pemisahan bab pemerintahan ini dimanfaatkan VOC untuk mendekati dan meng¬hasut Sultan Haji guna balela ayahandanya. Dengan bantuan angkatan VOC, ala tahun 1681 Sultan Haji melakukan kudeta kepada ayahnya dengan berhasil memahami istana Surasowan. 51. Dalam aktivitas budaya, Kerajaan Samudera Pasai kena berjibun pengaruh budaya dari Gujarat. Hal ini benar dan.... a. batu kubur kuba Malik as-Saleh b. perkawinan Sultan Malik as-Saleh dengan Putri Langgang Sari c. Marah Silu yang bernama Sultan Malik as-Saleh d. Dinasti Mamaluk beragama Syiah e. lbnu Batutah suah singgah di Samudera Pasai Jawaban: a Berdasarkan penelitian asal usul dengan arkeologis, batu kubur kuba Malik al-Saleh menampilkan pengaruh Gujarat yang sangat kuat. Jenis batu kubur tersebut berbeda dengan batu kubur yang berkembang di Pasai sebelum masuknya Islam. Kontak budaya melandasi perkembangan kebudayaan Samudera Pasai.

Sekian penjelasan tentang Soal Sejarah dan Pembahasanya semoga info ini menambah wawasan salam

Artikel ini diposting pada tag kebudayaan asli indonesia tampak dalam wujud, candi borobudur kebudayaan asli indonesia tampak dalam wujud, kebudayaan asli indonesia pada candi borobudur tampak dalam wujud, , tanggal 17-09-2019, di kutip dari https://www.slideshare.net/Danny_Agung_Wahyudi/soal-sejarah-dan-pembahasanya

Disqus Comments

Popular Post